Tips Berhemat Bahan Bakar Ketika Harga BBM Naik

Artikel terkait : Tips Berhemat Bahan Bakar Ketika Harga BBM Naik

Tipnoten.com - Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar naik lagi, harga barang juga kena imbasnya. Dengan demikian, kita makin mahir saja mengelola anggaran, terlebih lagi pemerintah akan menetapkan harga bensin setiap dua minggu. Lalu transportasi rata-rata orang di Jakarta menghabiskan Rp1 juta sampai dengan Rp1,5 juta setiap bulan. Jika tidak ada penghematan yang tepat, anggaran itu bisa terus membengkak. Simaklah tips-tips berikut yang bisa Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar:

Harga BBM
Tips Berhemat Bahan Bakar Ketika Harga BBM Naik

1. Selalu memeriksa tekanan angin ban
Ketika tekanan angin ban kurang jaadi mesin membutuhkan tenaga  besar untuk menggerakkan mobil menghabiskan bahan bakar lebih cepat. Biasakan seminggu sekali untuk mengecek tekanan angin.
 
2. Mengurangi beban yang tidak diperlukan di mobil
Seringkali kita lupa menurunkan barang di bagasi sehingga menambah beban saat berkendara. Ketika beban mobil makin berat semakin banyak pula bahan bakar yang dikonsumsi.
 
3. Mengemudilah secara cerdas
Bagi Anda yang suka ngebut di jalan tol Anda telah menghabiskan bahan bakar secara kurang bijak. Cobalah menambah kecepatan secara teratur dan mengurangi frekuensi rem mendadak agar Anda bisa menghemat penggunaan bahan bakar ketika mengemudi.
 
4. Tutup jendela waktu berkecepatan tinggi
Ketika mengemudi mobil pada saat malam hari di jalan tol, ingin membuka jendela dan menikmati angin sepoi-sepoi. Namun, tindakan tersebut dapat mengakibatkan mobil membutuhkan tenaga yang besar, yang berarti banyak bahan bakar yang digunakan. Tutup jendela waktu saat berkendara pada kecepatan tinggi.
 
5. Rencanakan perjalanan Anda
Seringnya kita harus berhenti di sebuah supermarket untuk membeli suatu barang karena melupakan sesuatu. Padahal kita baru selesai belanja di supermarket lain.
 
6. Kartu kredit digunakan sebagai ganti uang tunai
Beberapa kartu kredit menawarkan reward berupa cashback dan voucher setiap Anda mengisi bahan bakar dengan jumlah tertentu. Anda dapat berhemat Rp50.000 setiap mengisi bensin dan membayar dengan kartu kredit.
 
Ayoooo, sekarang kita lakukan Tips Berhemat Bahan Bakar Ketika Harga BBM Naik seperti di atas agar kita bisa menghemat pengeluaran bahan bakar mobil kita.

Artikel Tipnoten.com Lainnya :

Copyright © 2015 Tipnoten.com | Design by Bamz