Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Jika Sering Makan Nata De Coco! Masih Suka Makan?

Artikel terkait : Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Jika Sering Makan Nata De Coco! Masih Suka Makan?

Tipnoten.com - Nata de coco merupakan suguhan pelengkap minuman yang dibuat dari air kelapa dengan menggunakanbakteri Acetobacter Xylinum untuk proses fermentasinya.

Meskipun kebanyakan nata pada umumnya dibuat dengan berbahan dasar air kelapa, namun nata de coco dapat dibuat dengan menggunakan bahan lain seperti santan kelapa, molases atau tetes tebu, serta sari buah lainnya seperti melon, nanas, jeruk, pisang, jambu biji, stroberi, dan lain-lain.

Namun tidak hanya itu, nata de coco juga memiliki kandungan vitamin dan senyawa kimia yang tak kalah bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini diantaranya :

1. Untuk Anak-anak
Sebagian besar penggemar dari nata de coco adalah kalangan anak-anak. Rasanya yang manis dan terksturnya yang unik menjadikan nata de coco sangat di gemari oleh anak-anak, meskipun tak jarang juga kalangan orang dewasa yang menyukai nata de coco. Namun, nata de coco tidak hanya sebagai sajian untuk anak-anak, dibalik itu semua manfaat nata de coco juga sehat untuk anak.

Kandungan manfaat vit B seperti vitamin B1, B2, dan manfaat vit C tentu sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Kandungan air yang cukup banyak dalam nata de coco juga dapat memenuhi kebutuhan air anak yang mana anak-anak pada umumnya aktif bermain dan membutuhkan air yang cukup.
 

2. Aman Bagi Pasien Diabetes
Selama nata de coco dikonsumsi dengan jumlah dan cara yang benar dan tidak berlebihan, maka nata de coco tergolong aman dikonsumsi oleh pasien diabetes sekalipun. Hal ini merujuk pada kandungan kolesterol yang tidak terlalu banyak, sehingga tidak mengganggu sirkulasi darah dan tidak mempengaruhi konsentrasi gula dalam darah.

3. Tidak Mengganggu Proses Diet
Lantas, apakah nata de coco aman untuk pelaku diet? Ya, jawabannya adalah aman-aman saja. Jika kita merujuk pada jumlah kalori yang terkandung di dalam nata de coco maka tentu ini tidak akan berpengaruh bagi mereka yang sedang melakukan diet. Sehingga, bagi para pelaku diet maka mengkonsumsi nata de coco cukup aman.

4. Memperlancar BAB
Dengan adanya manfaat serat yang terkandung dalam manfaat nata de coco, maka tentu saja makanan ini cukup baik dalam hal memperlancar pencernaan dalam tubuh kita. Jika sedang mengalami susah buang air besar atau sembelit, maka nata de coco dapat membantu kita untuk memperlancar buang air besar.

Bahkan nata de coco dapat membantu mensukseskan proses diet yang sedang dilakukan, karena nata de coco kadar serat yang dimiliki nata de coco mampu mengikat air dan menyerap karbohidrat dengan baik. Maka, tak ada salahnya bagi para pelaku diet untuk memasukkan nata de coco ke daftar makanan yang baik dikonsumsi.

Konsumsi Nata De Coco yang Tidak Aman

Dari beberapa manfaat nata de coco bagi tubuh kita yang telah disebutkan di atas. Ternyata nata de coco juga memiliki dampak negaif bagi tubuh atau dampak sebaliknya dari manfaat yang telah disebutkan. Dampak negatif yang adalah tak lain karena pola konsumsi yang tidak baik, dengan pola konsumsi yang salah.

1. Menyebabkan Kegemukan
Jika dalam manfaat di atas nata de coco aman untuk pelaku diet, namun nata de coco justru dapat menimbulkan kegemukan. Kegemukan yang terjadi ditimbulkan karena tambahan gula atau pemanis lain saat menyajikan nata de coco, hal itu bisa meningkatkan lemak dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

2. Menimbulkan DiabetesTidak hanya itu saja, nata de coco juga dapat meningkatkan resiko diabetes. Hal ini lagi-lagi karena pola konsumsi yang tidak baik, yaitu biasanya penggunaan sirup atau pemanis tambahan saat membuat jenis minuman yang menggunakan nata de coco. Sirup dan pemanis buatan yang secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang itulah yang menyebabkan kadar gula dalam darah dapat meningkat.

Jika ingin mengkonsumsi nata de coco tanpa dampak negatif, maka konsumsilah dengan bijak. Dengan pola konsumsi yang baik dan dengan jumlah yang pas (tidak berlebih). Karena bukankah sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif? Begitu pula makanan yang sehat, jika berlebihan dikonsumsi maka akan menjadi makanan yang berbahaya. Jadi selalu ingat konsumsi sewajarnya saja.
(Sumber: yesmuslim.blogspot.co.id)

Artikel Tipnoten.com Lainnya :

Copyright © 2015 Tipnoten.com | Design by Bamz